PROFIL LULUSAN DAN PROSPEK KARIR

PROFIL LULUSAN DAN PELUANG KERJA

Profil Sarjana USAHID SURAKARTA

  1. Berakhlak Mulia
  2. Profesional dibidangnya baik HRD, Guru, Trainer, Wirausaha, Terapis, Studi Lanjut S2 ataupun Profesi lain, karena penguasaan pada masing-masing materi Psikologi yang telah diberikan di Prodi Psikologi USAHID
  3. Mampu memiliki sistem organizing yang baik
  4. Penanaman Pendidikan Karakter yang berjalan baik (Kedisiplinan, Kejujuran, Tanggung Jawab, Menghormati Mneghargai Orang lain, serta nilai-nilai luhur budaya bangsa lainya)
  5. Berijwa Kewirausahaan dan Integritas Yang tinggi

Berikut beberapa pekerjaan yang membutuhkan atau bisa dilakukan oleh lulusan psikologi yang bagus dan Menjanjikan :

  1. HRD

        HRD merupakan pekerjaan yang paling banyak membutuhkan lulusan psikologi. HRD merupakan bagian dari sebuah perusahaan baik negeri maupun swasta yang pekerjaannya berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan

  1. Konselor

Konselor bertugas dengan memberikan konseling. Jika pada perusahaan maka konseling diberikan untuk karyawan yang membutuhkan. Konselor juga diperlukan di LSM yang menangani remaja, anak, atau gender. Seorang konselor melakukan konseling bagi orang yang membutuhkan masukan atau pendapat tentang hidupnya, masalah pribadi, pekerjaan, dan banyak hal.

  1. Guru Bimbingan Konseling

Guru Bimbingan konseling atau dikenal dengan sebutan Guru BK bertugas mengatasi masalah serta memberikan konseling kepada Siswa-Siwa disekolah untuk menjadi pribadi yang unggul.

  1. Peneliti

Menjadi seorang peneliti membutuhkan niat dan passion. Anda bisa melamar dan bekerja di lembaga penelitian seperti LIPI. Bisa juga bekerja di instansi pemerintah yang berkaitan dengan kebijakan publik atau kepuasan pelanggan jika di swasta.

  1. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Jika Anda tertari pada anak berkebutuhan khusus misalnya seperti anak dengan autis, anda bisa bekerja di LSM atau sekolah sekolah anak berkebutuhan khusus. Tugas terapis anak berkebutuhan khusus ini adalah mengamati perkembangan anak dan meningkatkan kemandiriannya yang sesuai.

  1. Research and Development (RD)

RD ini merupakan bidang dimana pekerjaannya yaitu melakukan penelitian dan  pengembangan produk yang akan dipasarkan pada konsumen. Tipe pekerjaan ini ada di perusahaan perusahaan teknologi atau penghasil produk.

  1. Trainer

Trainer adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pelatihan. Untuk menjadi trainer, para lulusan psikologi bisa terlebih dahulu mengikuti lembaga training atau memilih personal training. Training yang didapat berkaitan dengan motivasi, pengembangan diri, baik dalam suatu kelompok atau sebuah organisasi.

  1. Relawan ( Pekerja Sosial

Dengan ilmu psikologi sosial yang didapat,  lulusan psikologi  bisa Menjadi relawan dibutuhkan di beberapa LSM atau NGO yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

  1. Guru PAUD, TK, SD

Salah satu syarat atau kualifikasi apabila ingin menjadi seorang Guru PAUD, TK dan SD salah satunya adalah seseorang yang berasal dari jurusan Psikologi dengan program studi yang sudah memiliki terakreditasi. profesi ini dijadikan sebuah alternatif sebagai pilihan karir di masa depan.

  1. Penulis Buku

Penulis buku tentang psikologi belum terlalu banyak di Indonesia. Hal ini bisa menjadi salah satu peluang bagi anda yang ingin berbagi ilmu tentang psikologi.